Cara Menghormati Orang tua dan Berbuat Baik Kepadanya

https://www.sahabatulfah.com/2019/03/cara-menghormati-orangtua.html?m=1
Kasih sayang ortu

"Bagi orang tua kita selalu seperti anak kecil. Bagaimanapun kita harus menghormati orang tua yang selalu memperhatikan kita. Dan itu tak luput dari pandangannya. Bahkan apa yang kita lakukan, semua aktifitas kita mereka ingin mengetahuinya."

Tapi bagaimana perasaanmu jika melihat anak menelantarkan orang tuanya? Tak jarang kita juga sering menyakiti hati mereka. Kita lupa akan jasanya yang sudah membesarkan beribu-ribu jasanya. Kita hadir di dunia ini untuk menjadi anak yang baik bagi mereka. 

Kita adalah makhluk yang selalu ingin diakui. Tapi pernahkah kita menyaksikan anak yang tidak mengakui ortunya? Banyak. Padahal cinta mereka tak berbatas kepada anaknya. Semoga itu bukan kamu. Tetaplah menomorsatukan dari sekian banyak cinta yang ada, hanya cinta pada mereka yang berharga. Kedua orang tua sudah menghadirkan kasih sayangnya kepadamu. Supaya  kita senantiasa tumbuh sebagai anak yang baik. Dengan selalu patuh dan taat  kepada mereka.

"Dari sekian banyak cinta kepada sesama. Cukup satu, cinta yang paling bermakna dan luar biasa yaitu cinta kepada orang tua."

Orang tua tidak akan berhenti mencintai anak-anaknya. Demi anak-anaknya orang tua menjadi teman, sahabat bahkan apapun untuk menyayangi anak-anaknya. Mereka yang tidak kenal lelah membiayai hidup kita. Bercucuran air keringat yang mengalir deras demi menyekolahkan kita, untuk hidup kita. Sangat bersyukur sekali kita karena orang tua termasuk orang yang pengertian karena ingin kita merasakan kebahagiaan seperti seharusnya. Sehingga tumbuhlah arti keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Memang, kita pada awalnya dididik oleh mereka.

Semoga kita bisa menyayangi mereka lebih. Aamiin. Jangan kita terjerumus  sebagai manusia yang merugi. Merugi karena tidak menghormati dan memuliakan orangtua. Gelap tanpa kasih sayang mereka. Karena cahaya dalam diri kita hanya dari orangtua.

Berikut cara menghormati orangtua dan berbuat baik kepadanya :

Point 1.

Patuhlah kepadanya

Kita tahu, banyak anak-anak yang tidak peduli dengan orang tuanya. Semoga bukan kita.
Sebenarnya orang tua tak meminta balasan apapun dari kita,  yang harus kau pahami betapa pentingnya patuh kepada mereka.

Kutipan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan hadist mengenai orang tua. Dalam surat maryam (19) ayat 14 :

وَّ بَرًّۢا بِوَالِدَیۡہِ وَ لَمۡ یَکُنۡ جَبَّارًا عَصِیًّ

Yang artinya "seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka."

Jadi ayat diatas menekankan jika kita tidak ingin dicap sebagai anak yang durhaka, maka lebih baik patuh dan berbakti kepadanya.

Point 2.


Berhenti menyakiti hati mereka.



(Qs. Al Israa’ [17]:23)
وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا


(Qs. Al Israa’ [17]:24)
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا.

Jadi, surat al-isra' ayat 23 menceritakan tentang moral kita kepadanya dan janganlah kita berkata "ah" atau membentak keduanya. Berbicaralah dengan penuh kasih sayang. Sedangkan dalam ayat 24 adalah tentang berdoa kepada Allah "sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangimu di waktu kecil"

Sebab dunia akan selalu berputar pada porosnya. Kini saat kita sudah dewasa, maka orang tua yang semakin kekanak-kanakan. Kita terus dewasa. Karena itulah kehidupan, agar kita terus memahami dunia akan berbalik arah. Saat kita kecil orang tua kita yang menyayangimu tanpa pamrih.

Point 3.

Selalu iringi namanya di setiap langkah kita.


Dalam QS. Lukman ayat 14 
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ 

Arti: Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Jadi dalam penjelasan tersebut. Kita tahu bahwa di setiap perintah berbuat baik kepada kedua orang tua juga termasuk beribadah kepada-nya. 

Point 4.

Hargai mereka.


Surga kita ada dibawah telapak kaki ibu. Tapi bisa juga karena kelalaian kita sebagai anak perempuan  sehingga menyebabkan ayah masuk neraka. Saat perempuan yang sudah balig keluar rumah tanpa jilbab, maka satu langkah kaki ayah ke neraka. Mari kita merenungi diri kita sudah berapa sering membantu mereka selangkah ke neraka tanpa kita sadari? Jika sering, pelan-pelan dekati dan bersujudlah kepada-nya untuk meminta ampun atas semuanya. 

Dan kita hidup di dunia ini karena perjuangan mereka yang tak mampu orang lain menandinginya. Mulai dari sekarang cintailah orang tua kita, patuh kepada mereka dan tidak menyakiti hati mereka. Karena ridho orang tua adalah ridho Allah dalam setiap perjalanan kita. I love you parents, because you are everything ❤️❤️

Mohon maaf salah kata dan pengucapan.
...
Terima kasih 

17 comments:

  1. Duh aduh, artikelnya jadi rindu orang tua 😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh jadi keinget orangtua ya kak... 🤗❤️

      Delete
  2. Wahh jadi motivasi banget kk.. Keren kak artikelnya..

    ReplyDelete
  3. Aaa artikelnya bikin baper dekk.. Lanjutkan menulisnya ya dek. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi tentang orangtua ya kak.. Jadi baper selalu.. 🤗🤗

      Delete
  4. Terima kasih mengingatkan,ridha Allah ada dalam ridho orang tua

    ReplyDelete
  5. Segala sesuatu yg berhubungan dg orang tua, memang selalu nympe ke hati ya 😂, mantap lah kak👍
    O iya kak, mungkin bisa ditambah tulisan arabnya kak di bagian dalil, supaya lebih pas, hehe.😆


    Dari luthfi yg masih belajar menulis ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget gitu kak, soalnya mereka nafas kita. Hidup dan mati kita. Makasih sudah ngasih saran kak🤗🤗

      Delete
  6. Walau udh jadi orgtua. Kalau baca tulisan berkaitan orgtua gini tetap aja makjleb dihati..keren lah tulisannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah salut.. Walaupun bunda udah jdi orangtua ya, makasih loh Bun🤗🤗

      Delete
  7. Tulisannya bagus dan menginspirasi ya, semangat teman seperjuangankuh

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, don't forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by UteHil. Powered by Blogger.