Personality Development for Blogger : Memahami dan Menerapkan Etika dan Etiket untuk Mencapai Kesuksesan

  • Personality-Development-Blogger-Etika-dan-Etiket


   Sebagai seorang blogger membangun personality development merupakan hal yang dibutuhkan, bukan? Ya, hal ini karena menjadi salah satu yang terpenting untuk mencapai kesuksesan buat para blogger kedepannya.  Nah, kali ini aku berkesempatan belajar lewat zoom di seminar ISB bareng Duta Bangsa pada tanggal 16 Mei 2024 lalu. Pada kesempatan ini, kami didatangkan pembicaranya langsung dari Direktur Program Development Duta Bangsa yaitu Bapak Rudi Hilman. Beliau memberikan penjelasan lebih dalam bagaimana personality development tersebut. 


    Ringkasnya, personality development adalah sebuah pengembangan diri yang dimiliki seseorang untuk mencapai kesuksesan karirnya. Dalam sebuah penelitian dari Harvard tentang kesuksesan seseorang. Dimana ternyata kemampuan seseorang dalam berkomunikasi (social skills) menjadi penentu kesuksesan paling besar pengaruhnya dibandingkan dengan seseorang yang memiliki technical skills yang hanya beberapa persen saja pengaruhnya.


    Nah, kemampuan ini juga ada kaitannya dengan etika dan etiket yang menjadi topik utama pembahasan kali ini. 


Pahami Pentingnya Etika dan Etiket dalam Mencapai Kesuksesan


    Mengapa etika dan etiket menjadi point penting dalam menunjang karir. Ya tentunya tanpa etika dan etiket kita tidak bisa memberikan kesan positif dan terbaik buat perusahaan. Ada baiknya kita mesti pahami apa perbedaan etika dan etiket itu.


    Etika ialah sesuatu cara hidup yang ada atau tidaknya terlihat tapi tetap berlaku. Seperti kejujuran, kesopanan dsb. Maka etika akan sangat berkaitan dengan moral-moral dan sifatnya absolut. 


    Sedangkan etiket ialah sesuatu yang berkaitan dengan tata cara seperti tata cara bergaul dengan orang lain,  dan sifatnya pun relatif. Berikut contoh-contohnya agar kita bisa mengetahui perbedaan etika dan etiket tersebut.


Contoh-etika-dan-etiket


Fungsi Etika dan Etiket dalam Mencapai Kesuksesan


    Setelah melihat contoh-contoh tersebut maka dapat kita simpulkan banyak sekali fungsi etika dan etiket yang bisa kita ambil dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi etika dan etiket yang paling utama dan dijelaskan juga saat seminar online yaitu memberikan dan memelihara suasana yang menyenangkan. Yap, suasana menyenangkan tentunya akan menciptakan kenyamanan, terlebih saat kita memberikan senyuman kepada orang lain maka orang lain pun ikut merasakan energi positifnya, bahkan saat kita tertawa untuk berusaha memecahkan suasana tegang, hal ini semua tentunya dapat memberikan suasana yang menyenangkan.


    Lebih dari itu, etika dan etiket akan mampu membuat kita merasa saling dihargai dan menghargai. Coba bayangkan bagaimana perasaan orang lain saat kita berinteraksi dengannya terus membalas dengan jutek, tidak peduli, tidak mau tersenyum, bahkan lebih-lebih membentak. Pastinya kita lebih sedih, tidak merasa dihargai, dan menduga-duga mengapa kita dihargai seperti itu oleh orang lain. Sehingga akhirnya timbul rasa insecure, rasa minder, dan tidak percaya diri terhadap diri sendiri. Wah, hati-hati ya...


    Selain itu fungsi etika dan etiket mampu meningkatkan efisiensi kerja dan meningkatkan citra diri kita. 


Baca juga : Skills Komunikasi



Praktik Etika dan Etiket dalam Mencapai Kesuksesan


    Bagaimana praktik yang tepat saat kita dalam kehidupan bermasyarakat dan kerja?  Ya, tentunya ada banyak manusia dengan berbagai macam karakternya. Namun pada praktiknya akan sangat mudah jika kita mengikuti tata cara yang tepat yang sesuai dengan norma dan budaya yang ada. Berikut beberapa praktik yang dapat kita lakukan di lingkungan masyarakat dan kerja.


1. Tata Cara Berjabat Tangan


    Ada banyak cara berjabat tangan dari masing-masing orang. Namun berjabat tangan dapat menunjukkan ketertarikan kita terhadap lawan bicara. Dan beberapa cara berjabat tangan yang tepat yaitu :


    a) Tersenyum

Tersenyum seakan menampilkan rasa senang dan bahagia kita saat bertemu dengan lawan bicara. Lebih-lebih senyum juga merupakan sedekah ya.


    b) Berjabat tangan dengan sedikit menekan

Jabatlah tangan lawan bicara kita dengan sedikit menekan, tidak terlalu kuat atau tidak terlalu lemah, hal ini untuk menunjukkan kepercayaan diri kita saat berhadapan dengan lawan bicara.


    c) Berikan kontak mata, dan tubuh sedikit condong ke depan

Hal ini tentunya akan menunjukkan ketertarikan kita kepada lawan bicara.



2. Cara Melakukan Kontak Mata


Cara-melakukan-kontak-mata



    Dua hal ini menjadi hal terpenting saat berkenalam dengan orang baru. Sehingga saat kita berkenalan akan terasa menyenangkan dan nyaman untuk berinteraksi ke depannya.


Penutup


    Dalam seminar online kali ini banyak sekali insight yang didapatkan. Kita jadi lebih tau apa yang menjadi etika dan etiket, karena hal ini termasuk ke dalam salah satu yang utamanya dari membangun personality development. Dan personality development juga akan berpengaruh terhadap kesuksesan kita di masa depan.


    Sekian dulu mengenai personality development dari seminar ISB dan Duta Bangsa. Semoga bermanfaat dan suka ya!




15 comments:

  1. Wah ternyata etika dan etiket memang sangat penting termasuk.bagi.seorang blogger ya.. Terima kasih sharing infonya ya.. Insyaallah sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  2. Cara jabat tangan dan tatap mata saat berkenalan penting ya. Aku mau ajarin anakku nih , penting untuk saat dia yang usia sekolah, dan gak lama lagi mau bekerja

    ReplyDelete
  3. ternyata beda antara etika dan etiket. baru tahu setelah baca tulisannya mbak ulfah

    ReplyDelete
  4. Wah seru banget ada seminar bareng ISB. Etika dan etiket ini penting sih dalam menjalin relasi dengan orang lain. Para blogger pun yang biasanya ada kesempatan kolaborasi juga perlu menerapkan etika dan etiket yang baik. Makasih sharingnya, Kak

    ReplyDelete
  5. Etika dan etiket adalah yang paling utama. Dengan membawa kedua hal tersebut kemanapun kita melangkah, akan dipermudah. Meskipun terlihat menyusahkan, seperti jabat tangan aja ada aturannya, tapi hal kayak gini tuh jadi hal kecil yang akan berdampak besar untuk karir.

    ReplyDelete
  6. Memang penting banget sih etika dan etiket ini
    Karena itu jd salah satu kunci usaha dan bisnis yang berkelanjutan

    ReplyDelete
  7. Sangat setuju dengan tulisan ini, Etika dan etiket sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bila menyangkut seputar bisnis dan pekerjaan. Etika dan etiket yang baik bisa jadi nilai plus dan mendapat penilaian yang bagus dari rekan bisnis

    ReplyDelete
  8. wah penting banget ini buat aku yang mukanya kelihatan jutek dan kurang bisa sosialisasi kalau dipandang orang pertama kali pasti kurang ramah, mesti belajar cara senyum ramah ya...

    ReplyDelete
  9. aku kira selama ini etika dan etiket sama aja
    bener banget mbak dalam kehidupan sehari-hari, meskipun bulan dalam rangka bekerjasama dengan orang lain, kita harus tau etika dan etiket ketika berhadapan dengan orang lain.
    kesan pertama yang orang lain lihat pada kita, biasanya dari pertemuan pertama gitu

    ReplyDelete
  10. Selintas orang akan berpikir etika dan etiket itu serupa, padahal tak sama ya. Penjelasan dan contohnya sangat mudah dipahami dan dicerna. Bagus sekali seminarnya banyak kasih insight posotif untuk self development.

    ReplyDelete
  11. Ternyata personality development bisa dibangun dengan mengedepankan etika dan etiket kita, ya mbak.
    Nice share mbak, beneran baru tahu perbedaan etika dan etiket, berarti etiket lebih ke tata caranya, ya mbak?

    ReplyDelete
  12. Menjadi blogger memang harus perlu etika dan etika, selain itu, kita sebagai makhluk sosial pada dasarnya pun harus memiliki sikap seperti itu.

    Wah, seminar onlinenya nagus banget nih. Bener-bener memberikan insight baru.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih banget uda berbagi ilmu dari seminar onlinenya.
    Aku jadi paham skarang bahwa ada etika dan etiket dalam bertemu dengan orang baru.
    Saat berkenalan dari mulai menjabat tangan hingga kontak mata pun kudu ada etika dan etiketnya yaa..

    ReplyDelete
  14. wah senangnya ikut smeinar dari ISB, saya pernah ikut seminar dengan tema lain dari ISB, daging juga meterinya, apalagi temanya tentang etika dan etiket blogger

    ReplyDelete
  15. setelah baca ini wajib perbaiki etika cara berjabat tangan deh, eh baru tahu etika dan etiket itu berbeda ya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak (Komentar akan dimoderasi) dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by diane555. Powered by Blogger.