Konsep Grit, Berawal dari Kegigihan Atas Pencapaian Jangka Panjang

Konsep Grit, Berawal dari Kegigihan Atas Pencapaian Jangka Panjang


Hai Buds, apa kabar kalian? Semoga sehat selalu dan tetap produktif ya. Kali ini aku mau membicarakan sebuah ilmu yang populer nih yaitu GRIT. Apa yang terjadi ketika kita merenung lantas seringkali mempertanyakan kemana tujuan kita sekarang. Ranah kesuksesan bukan dari harta, jabatan/pangkat, kedudukan dan sebagainya ya. Sebelum itu kita mesti tau ilmu ini, yang bernama Grit. Seorang ilmuwan berhasil meneliti tentang Grit ialah Angela duckworth. Bahwasanya kesuksesan bisa dilihat dari ada dan tiadanya Grit dalam diri seseorang.

Sebenarnya Grit itu apa sih? Grit adalah kegigihan, ketekunan, dan gairah seorang manusia untuk mewujudkan tujuan jangka panjang. Dengan kita lihat, seperti adanya passion atau sifat penentu terkuat diri. Misalnya kita ahli di bidang tertentu maka kita disebut memiliki Grit di dalam tubuhnya.

Entah kenapa bagi kita yang punya masa lalu suram, pernah gagal dalam pencapaian dan melihat kegagalan adalah bentuk kekecewaan. Ini hati-hati ya. Ngaruh banget kedepannya buat kehidupan kita. Ada baiknya kita mawas diri, perbaikilah kesalahan masa lalu. Barangkali saat itu kita sedang kesepian, capek, upaya kurang maksimal, atau pikiran buruk yang datang begitu saja. Bagian kita adalah mencarikan solusi dari permasalahan tersebut ya Buds.

Suatu ketika aku pernah kehilangan arah tanpa tujuan karena merasa kurangnya support sistem, jenuh, dan semangat menurun. Apakah kemudian aku membiarkan hal ini terjadi begitu saja? Tidak, aku sadar bahwa kita hanyalah manusia biasa yang memiliki keterbatasan. Kadangkala kita diberikan ujian, agar kita tidak selalu berharap lebih terhadap sesuatu. Aku mengerti ada pelangi setelah hujan dan tidak mudah bagi kita melewatinya. 

Tentunya, kejadian tersebut pernah dirasakan oleh semua orang. Benar gak Buds? Tapi selama panduan hidup kita lurus, selagi kita berada pada koridornya semoga kita tetap selalu berupaya dan bekerja keras sehingga titik terang yang didapatkan. 

Aku bukan seseorang yang ahli di bidangnya, pun bukan psikologi dan bukan orang yang sok bisa. Tetapi semampunya membaca referensi bahkan mendapatkan ide yang terbaik.

Beginilah konsep Grit untuk memprediksi keberhasilan seseorang yaitu :


Konsep Grit


1. Ketahanan Berprilaku Baik

Kita diberikan tanggung jawab besar dalam pekerjaan, terus apapun yang diminta pimpinan kita lakukan. Namun tidak disangka-sangka seorang teman kita menyalahkan kinerja kita. Walaupun kita tidak harus membalas perlakuan teman kerja tersebut, tetapi kita bisa mengatakan dengan baik kepadanya. Coba kalau kita melawannya, mungkin akan ada pertengkaran dan sikap kita akan dinilai buruk oleh lingkungan, meskipun bukan kita yang salah ya. Ini hal yang dianggap sepele, tetapi bagaimana kedepannya untuk tujuan kita jangka panjang. Sampai situ paham kan Buds? Hehe

Atau saat kita terpuruk tadi, keadaan begitu mencekam saat kita melihat dunia tak baik-baik saja. Yang perlu dilakukan semestinya ubah perilaku atau kebiasaan yang membuat hati kita tentram dan damai. Berikan sebisa mungkin waktu bagi dirimu, me time ya bahasa kerennya Wkwk. Jadi, lupakan sejenak dunia luar dan tenangkan dirimu seperti kamu mencintai dirimu sendiri.

2. Berorientasi Pada Tanggung Jawab

Dalam kasus tadi, saat kamu dipercaya oleh perusahaan. Dapat kita lihat banyaknya orang yang menumbangkan kita, secara garis besar akan mudah diremehkan jika kita menyerah. Nah, dengan tingginya Grit sehingga dengan mudah kita menyelesaikan tugas yang diemban. 

3. Kepercayaan diri dan kreativitas

Kita dituntut untuk percaya diri dan menumbuhkan kreativitas. Dalam kegagalan sekalipun kita tidak boleh berlarut-larut dengan keadaan, terus menerus meratapi, seringkali pesimisme. Kita harus yakin dan optimis. Coba kesampingkan ego supaya terus berkarya dan meningkatkan kreativitas juga.

4. Pencapaian goals 

Grit ditentukan oleh kegigihan dan keuletan masing-masing kita. Seseorang yang terbentuk sikapnya, besar tanggung jawab yang diembannya, percaya diri, optimis dan menumbuhkan kreativitas dalam setiap keadaan akan diikuti oleh tingginya Grit dalam dirinya. Sikap dan psikis manusia bisa dibentuk, itu berarti kita bisa beradaptasi sesuai stimulasi lingkungan. 

Dimensi penting dari Grit, dimana kita tetap ulet dan gigih dalam segala hal. Dimensi ini dapat memprediksi keberhasilan kita. Maka mewujudkan tujuan jangka panjang bukan coba-coba tetapi praktek langsung dengan bekerja keras, sering membaca buku, menonton film yang inspiratif dari perjalanan seseorang yang sukses di bidangnya.

Perlahan kita dapat menemukan kapasitas dan kapabilitas yang berharga dari tujuan jangka panjang kita. Gitu Buds, hehe. Menemukan passion diri itu penting. Jangan-jangan kita hanya menyukai atau hobby saja di bidang tertentu, kita tidak mengubah sikap, mengembangkan kemampuan kita, dan mencapai goal di bidang tersebut. 

Memang Grit tidak menunjukkan kepada kita sikap baik atau tidaknya, termotivasi atau tidaknya, tetapi Grit seutuhnya dibangun oleh kemampuan kita menemukan jati diri kita, membuat diri tetap waras, dan selalu semangat mengejar impian kita tersebut.

Sekian artikel dari sahabatulfah.com. Semoga bermanfaat, tetap produktif, dan tetap waras. See you next time, Buds. Oiya, apa-apa saja kegiatan dan sikap yang kalian lakukan untuk meningkatkan Grit? Share juga Buds.


No comments:

Terima kasih atas kunjungannya, dont forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by dfli. Powered by Blogger.