Belajar Nulis Artikel "Optimasi Blog"

Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barokatuh
https://www.sahabatulfah.com/2019/03/belajar-nulis-artikel-optimasi-blog.html
Belajar Nulis Artikel

Sebelumnya, Ulfah ucapkan terima kasih karena berkat teman-teman  semua, Ulfah sudah naik ke level selanjutnya. Sesuatu rasanya bisa naik ke level 2 dan pastinya akan banyak lagi tantangan baru yang dilalui. Jika teman-teman lihat, awalnya blog Ulfah ini tampilannya natural saja. Tapi akhirnya karena mendapatkan arahan dari Kang Wildan, ikut mengerjakan instruksi yang diberikannya, walaupun tak sedikit masalah yang ditemui. Itu akan menjadikan blog ini terlihat cukup baik.


Bagaimana supaya blog kita kelihatan baik oleh google. Tentunya dengan mengedit pada tampilan blog. Selain tampilan blog yang cantik dapat menambah semangat bagi kita untuk menginspirasi dengan tulisan yang kita buat. Blog kita juga dapat menjadi populer di mata google. Begitu banyak yang berambisi untuk menjadikan blog rangking pertama.

Karena itu mesti banyak pengorbanan yang dilakukan untuk blog kita tetap produktif dan bermanfaat bagi banyak orang. Bagi blogger mengoptimasi itu adalah kerja sepanjang masa.

Ada beberapa cara untuk mengoptimasi blog :

1. Optimasi On Page

Dimulai dari judul, deskripsi tag, label, hingga gambar dioptimasi dengan sebaik mungkin. Karena hal itu akan membuat konten kita terbaca oleh pencarian google. Ibarat menulis kalau tidak ada judul deskripsi dsb itu maka tulisan tidak diperhitungkan oleh google, karena itulah cara yang paling jitu artikel kita berkualitas baik dan tujuannya bisa mendapatkan traffik dari mesin pencarian.

Optimasi hal itu dapat dilakukan dengan meriset terlebih dahulu kata kunci yang berhubungan dengan artikel yang kita publish.

Walaupun sebagai blogger kita belum maksimal menulis konten yang bermanfaat dan bisa dicari-cari oleh mesin pencari. Akan tetapi, carilah konten yang berkaitan dengan individu dulu. Contohnya pengalaman, kegiatan kita, atau acara yang kita lakukan. Untuk mengenali minat daripada pengunjung kita nantinya.

Optimasi blog itu memang membutuhkan waktu yang lama. Karena itu kita harus upayakan ilmu, skill dan pengetahuan tentang dunia blog terupdate selalu.

Jadi, bagi teman-teman tidak usah khawatir memulai untuk berbagi apapun kegiatannya. Teruslah ikhlas berbagi, carilah teman yang memiliki tujuan yang sama denganmu, serta terus tingkatkan pengetahuan dirimu.

2. Optimasi Off Page

Teknis ini dilakukan untuk kegiatan yang berada di luar blog. Faktor yang paling relevan adalah backlink. Karena backlink yang baik akan mendatangkan traffic yang referral. Bahkan tak jarang untuk mendapatkan kualitas backlink kita mesti memasukkan link yang berkaitan dengan konten yang kita punya dari blog orang lain. Backlink yang berasal dari website itu dinamakan backlink nofollow, sedangkan backlink yang kita dari halaman website konten lain adalah backlink dofollow. 

Teknik ini harus menjadi perhatian yang besar supaya kita mendapatkan yang berkualitas. Atau bisa dengan kita menjadi penulis tamu di blog website lain untuk menarik perhatian mereka melihat blog yang kita punya atau disebut sebagai guess post. Banyak penulis yang ingin blognya menjadi viral bahkan blog menjadi mobile friendly.

Oleh karena itu, optimasi on page dan off page sangat tepat bagi teman-teman untuk mengoptimasi blog menjadi lebih baik dan responsive.

Tetap semangat.

22 comments:

  1. Sangat bermanfaat. Tetap semangat dan sukses kak��

    ReplyDelete
  2. Aamiin.Tulisannya sangat bermanfaat.Tetap semangat.. Semoga tercapai cita-citanya. Aaminn ya alllah..

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah.. aamiin Allahumma aamiin. Siap bang💪

    ReplyDelete
  4. Semangat.belajar dan belajar lagi y..

    ReplyDelete
  5. Wah suka temanya ❤️ keren

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah. Makasih banyak kak hehehe😊

    ReplyDelete
  7. Semangat Belajar 😊👍
    Saran dari saya, tulisannya dibuat rata kiri kanan, agar terlihat rapi. kemudian diberi jarak/enter. sehingga kesannya tak menumpuk tulisannya.

    terima kasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah saran membangun.. makasih banyak kak, siap..😚

      Delete
  8. Tetap semangat menulis ya kak dan jangan lelah berbagi kebaikan lewat tulisan!!

    ReplyDelete
  9. Semangat teruus ya..dn semoga los ke tahap berikutnya.. :)

    ReplyDelete
  10. wahh tampilannya sudah bagus, semoga lulus yah..

    ReplyDelete
  11. Semangat terus belajarnya kak!^-^ Meskipun mungkin awalnya sulit, bersabarlah.. Usaha tidak akan menghianati hasil ^-^

    ReplyDelete
  12. Insyaallah.. memang benar kak, setiap usah pasti ada jalannya ya kak🤗

    ReplyDelete
  13. Aamiin.. bermanfaat, tetap semangat ya. Suka 😍 warnanya soft (gagal fokus)😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Semangat juga kak, hehehe 😁😘

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, don't forget tinggalkan jejak dan saling follow ya, thanks 🙏😊

Theme images by UteHil. Powered by Blogger.